Headline News
Tunggu...

Tuesday, 23 August 2011

Mencegah Pembajakan Akun


Keep Your Accounts Security... kayaknya ini deh judul yang tepatnya... hehe.. tapi bisa juga Mencegah Pembajakan Akun seperti Facebook, Google, Yahoo, My Space, Twitter, Paypal dsb.
Udah ah langsung aja...
Jadi ingin berbagi pengalaman, sudah lama gak ng-blog, sebelumnya maaf jika ada kemiripan, atau mirip semua, ini semua jelas pengalaman saya, jadi kita ngobrol aja yaa… santai-santai ^_^.
Satu hal paling penting ketika kita ada didunia maya, adalah identitas karena hampir disetiap halaman web kita login keculai jika kita hanya sekedar browsing-browsing saja, itu tidak perlu. Dan yang perlu diperhatikan pula kerentanan akun-akun kita yang dimasukan di halaman web tersebut bisa dibajak oleh orang lain, maka perlu kamu ketahui pula cara-cara pencegahannya sebelum akun kamu dibajak oleh orang yang tidak bertanggungjawab dengan berbagai alasannya, ada yang sekedar pamer pengetahuannya, mencoba-coba, mencari celah keamanan yang bisa diterobos, memanfaatkan akun kita untuk kepentingan pribadinya, dsb atau bahkan mungkin orang yang membenci kamu, dan kesal kepada kamu, yang berniat menjatuhkan nama baik kamu didunia maya ataupun dunia nyata.
Tentu saja banyak cara pencegahan sebelum kejadian itu terjadi diluar pengetahuan kita, meskipun tidak sepenuhnya dapat dicegah, tapi gak ada salahnya kan kita mencoba??
kita bisa mencegahnya mulai dari sekarang bagi yang belum, dan bagi yang sudah lebih berhati-hati lagi.
Oke, yuk kita ngobrol-ngobrol ….. hehe
Mungkin ini semua adalah hal dasar yang sebenarnya harus dilakukan setiap pemilik akun, misalnya saja akun Facebook, Google, Yahoo, My Space, Twitter, Paypal dsb..
Pertama di akun Facebook, karena ini adalah halaman paling favorit yang paling banyak dikunjungi tiap orang ( bagi yang hobby ). Terkecuali bagi yang tidak suka.
Yang akan saya tulis disini bukan hanya untuk akun facebook, tetapi intinya hampir sama saja dengan akun-akun yang lain, cuma ada perbedaan sedikit.
Untuk mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan perlu diperhatikan hal-hal dibawah ini.
  1. Jika sedang diwarnet, Sebelum Login ke akun Facebook atau halaman lain, perhatikan apakah task managernya terbuka atau terkunci?? Hal ini adalah untuk melihat apakah dikomputer terpasang keylogger ( software perekam key ), ini adalah salah satu teknik termudah hacking akun. Tetapi rata-rata ditiap warnet, pasti akan mengunci task managarnya, karena ini merupakan settingan dari billing si lumba-lumba dll. Jika Task managernya terkunci kamu bisa menggunakan software yang mirip fungsi dengan task manager. Softwarenya banyak sekali internet, kamu bisa googling sendiri.
  2. Usahakan ketika masuk ke Facebook atau halaman lain melalui halaman search engine, pilih yang “login” contohnya klik login.facebook.com bukan ke facebook.com nya, hal ini untuk mencegah dari teknik phising yaitu cara membajak akun orang dengan halaman palsu yang tampilannya mirip sekali dengan halaman originalnya, sehingga jika kita tidak teliti itu sama saja dengan menyerahkan username dan password kepada orang lain.
  3. Jika semua hal-hal anda sudah anggap aman, masuk ke Facebook atau halaman lain, dan login. naah disitu juga belum selesai, ubahlah settingan akun anda dari http menjadi https, karena orang bisa memanfaatkan halaman yang tidak terenkripsi dan mencoba login dengan menggunakan software lain, misalnya saja Firesheep ( jika kamu sedang memakai Wi-Fi ).
  4. Dan juga banyak cara lain seperti yang diatas, tidak untuk dijaringan Wi-Fi saja, diusahakan setiap halaman yang kita kunjungi menggunakan https, jika menggunakan Mozilla Firefox, kamu bisa download add-ons, mengubah setiap halaman yang kita kunjungi menjadi https. Tetapi jika masuk ke akun google pasti secara otomatis akan menggunakan sambungan https.
Untuk perbedaan http dan https secara rinci, search aja ya?? Hehe..
  1. Centang pengaturan di Facebook yang mengharuskan setiap kita login Facebook akan mengirimkan pemberitahuan dan kode pengaman ke sebelum atau sesudah Login. Yang satu ini layanan gratis dari Facebook tapi itu semua tergantung dari operator masin-masing. Gak ada salahnya kan rela berkorban sedikit dengan biaya tidak terlalu mahal, kamu bisa berlangganan ke operatoir yang kamu gunakan, tetapi kamu juga bisa kok caranya supaya berlangganan t#npa berbay#r. mau tau caranya? Cari tahu aja sendiri oke…!! Hehe… Orang Bilang “ HACKING IS ART “ meskipun saya sendiri bukan hacker, hacker juga banyak jenisnya kan ada black hat, ada white hat, dll. Jika belum tahu pengertiannya masing-masing googling aja, banyak artikelnya kok. He
Dan sekarang banyak sekali halaman web yang menggunakan fitur seperti diatas tadi, seperti google. Jadi sebelum masuk, pihak google akan mengirimkan kode verifikasi melalui handphone, (tentunya harus disetting dulu di akun google-nya) jika belum tahu, caranya masuk ke setting/pengaturan, selanjutnya kamu yang meneruskan, oke..
  1. Usahakan jika memakai password gunakan kombinasi huruf dan angka, hal ini mencegah dari pencarian tiap akun login dengan cara pencarian otomatis dengan memanfaatkan kamus kata-kata ( jika menggunakan kata-kata dari kamus atau sejenisnya ).. atau istilah kerennya bruce force.. he :D
  2. Sunting pengaturan profil anda sebaik mungkin, jangan terlalu 100% diisi semua atau 100% benar semua, kecuali untuk akun-akun tertentu. Karena identitas anda di dunia maya bisa berbahaya jika dimanfaatkan orang lain. Katanya sih Face##ok juga memberikan identitas para pengguna ke pihak lain untuk pengintaian, dan yang menjadikan salah satu alasan hacker anonymous yang akan meruntuhkan halaman Faceb##k. Tetapi entah benar atau salah, saya kurang begitu tahu.

Para hacker tidak bisa berhenti dan tidak mungkin bisa dihentikan. Mereka akan terus mencari segala cara untuk mendapatkan apa yang dia inginkan (hacking is art). Hehe.. tidak semua hacker karakternya buruk, banyak kok hacker yang baik-baik juga… he
Lama-lama pegel juga nih,, nanti disambung lagi obrolannya..
Oke oke…!! ^_^
Maaf sebelumnya kepada semua, jika banyak yang salah dalam penulisan atau pengertian ini, maklum lah masih amatiran.. hehe
Jadi kesimpulanya :
“ KEEP YOUR ACCOUNTS SECURITY “
(^_^)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, silahkan berkomentar.

Follow Me

Pengunjung

free counters

Berlangganan