Headline News
Tunggu...

Wednesday, 1 June 2016

Tips aman sederhana mendownload file di Internet

Mencegah lebih baik daripada mengobati kan?
nah berikut saya uraikan secara sigkat tips aman sederhana saja ketika akan mendownload file di internet, maklum sekarang zamannya global. Hal-hal buruk saja bisa terjadi kapan saja jika kita lengah tidak mengantisipasinya yang akan berakibat pada hal lainnya,
Oke langsung saja jangan kelamaan basa-basi heheh...
Ketika mendownload suatu file ada beberapa orang yang khawatir  terhadap file yang didownloadnya jangan-jangan file bervirus. Memang hampir sebagian besar virus menginjeksi kedalam sistem komputer melalui celah satu ini, menyerang sebagian besar sistem operasi diantaranya adalah Windows, Linux, Mac, dll. Tetapi mayoritas orang Indonesia menggunakan system operasi windows walaupun OS ini yang paling rentan keamananya oleh virus tersebut.



Berikut  ada tips aman  mendownload file di internet :

  1. Gunakanlah program gratis (freeware) untuk mencegah  permasalahaan penggunaan hak cipta di dunia maya, karena jika kita melanggar hak cipta bisa dituntut undang-undang yang telah mengaturnya.
  2. Hati-hati memilih extension file (misal .exe, .rar, .zip, .doc, .pdf) yang akan didownload khususnya  file instalan aplikasi ber-ekstensi ‘.exe’ karena extension ini banyak dijadikan extension virus.
  3. Download file dari situs resmi, resiko terjangkiti virus akan  kecil dibanding download secara bebas di file sharing seperti 4shared.com, indowebster.com, dll.
  4. Jika mendownload file bukan dari situs resmi maka disarankan  memilih file dengan extension kompresi seperti RAR atau ZIP. File-file  tersebut merupakan file yang telah dikompres agar keamanan file lebih  terjaga. Selain itu fungsi kompresi file juga membuat ukurannya lebih kecil dari aslinya tanpa merubah keaslian file, sehingga mempercepat proses download.
  5. Install antivirus dan update-lah secara berkala. Ini yang paling penting, jika kita parno cukup lakukan hal ini saja. Karena semua file yang ter-download akan otomnatis di-scan terlebih dahulu oleh antivirus sebelum bisa kita gunakan filenya. Tetapi jangan menginstal banyak antivirus karena hal ini dapat memperlambat kinerja komputer.


No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, silahkan berkomentar.

Follow Me

Pengunjung

free counters

Berlangganan