Headline News
Tunggu...

Sunday, 29 January 2017

TBM Al-bantary

Selepas event Gerakan Tasikmalaya Membaca yang dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, FTBM atau Forum Taman Bacaan Masyarakat lebih menggenjot untuk meningkatkan gerakan Literasi di kabupaten Tasikmalaya, bahwa untuk TBM yang telah berdiri supaya lebih dimaksimalkan peran dan fungsinya dan kelahiran TBM Al-bantary tidak lepas dari peran FTBM Tasikmalaya dan semua pihak yang saling mendukung untuk lahirnya TBM ini.

Sebelum TBM ini di Tasikmalaya telah ada puluhan Taman Bacaan Masyarakat yang sudah jauh-jauh hari menggelorakan budaya membaca yang terus berupaya memberikan andil dan mempunyai peran penting dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa.

Melestarikan budaya membaca memang bisa dibilang sulit, jika dalam upaya tersebut tidak diukung dengan adanya sarana dan prasarana yang cukup memadai untuk membiasakan budaya baca tersebut. Khususnya di Bantarpayung telah terbentuk satu TBM yang berusaha mengajak semua masyarakat di lingkungan kampung ini untuk membudayakan membaca, karena disamping merupakan anjuran perintah ayat Al-Qur'an yang turun pertama kali kepada Rasulullah SAW, membaca adalah jalan menuju kebaikan. Artinya dengan membaca kita bisa memperoleh segala sesuatu yang belum kita ketahui atau untuk lebih mengembangkan pengetahuan yang kita dapat sebelumnya.

Taman Bacaan masyarakat atau TBM Al-bantary adalah salah satu wadah yang bergerak dibidang pendidikan yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan kembali minat baca masyarakat tanpa membedakan status sosial, ekonomi, budaya, agama, adat istiadat, tingkat pendidikan dan lain sebagainya. Bagi masyarakat Indonesia, khususnya ekonomi menengah ke bawah, membeli buku adalah sesuatu yang berat. Tentunya selain buku pelajaran untuk sekolah anak-anaknya. Mungkin bagi sebagian dari mereka, membeli beras dan kebutuhan lainnya lebih penting. Tak dapat dipungkiri, memang. Ini yang kemudian pada akhirnya menjadi PR kita bersama.

Di TBM Al-bantary sendiri, meskipun baru lahir akhir tahun 2016 tepatnya di bulan Desember, alhamdulillah.. puji syukur ke hadirat yang maha kuasa sudah memiliki sekitar seratus buku sebagai langkah awal untuk keperluan masyarakat akan membaca. Di masa yang akan datang semoga seiring dengan berjalannya waktu, buku-buku di TBM ini mudah-mudahan dapat lebih ditambah lagi koleksi buku lainnya, baik itu membeli secara pribadi atau pemberian dari para donatur. Bagi donatur yang ingin memberikan kebaikan sangat diharapkan, bisa mendatangi langsung ke lokasi atau dengan menghubungi email tbm.albantary@gmail.com.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, silahkan berkomentar.

loading...

Follow Me

Pengunjung

free counters

Berlangganan